Fitriani, Wiza and Sarwono, Sarwit and Trianto, Agus (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FOLKLOR BERBASIS TEORI KOOPERATIF JIGSAW. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS REVISI WF (1) - Wiza Fitriani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan guru terhadap teks narasi cerita legenda serawai (2) Menyusun LKPD pada materi teks narasi cerita legenda serawai sebagai bahan ajar untuk SMPIT Khairunnas Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dalam penelitian pengembangan ini menggunakan Model Desain Pembelajaran ADDIE (Analysis–Design–Develop– Implement–Evaluate). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yakni memaparkan data kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar teks narasi cerita legenda berbasis teori jigsaw dan analisis uji validasi oleh satu orang guru dan satu orang dosen ahli untuk memperbaiki produk bahan ajar teks Narasi cerita legenda serawai berbasis teori jigsaw. Hasil validasi oleh dosen ahli dan guru sebagai validator LKPD berbasis Kooperatif tipe jigsaw secara umum adalah dengan kategori valid. Yang dinilai yaitu, aspek tampilan dan tulisan 87,5% kategori sangat valid, penggunaan gambar dan warna 62,5% kategori valid, fungsi LKPD 100% dengan kategori sangat valid, isi materi 75% kategori valid, dan bahasa yang digunakan 75% dengan kategori valid. Berdasarkan analisis kebutuhan bahan ajar teks narasi cerita legenda serawai, peserta didik dan guru membutuhkan bahan ajar teks narasi cerita legenda serawai. Dari hasil uji coba LKPD pada peserta didik diperoleh nilai dengan rata�rata 68,5 dengan predikat cukup. Hasil ini berdasarkan intrumen respon siswa terhadap LKPD dengan keterbatasan waktu ketika melakukan uji coba. Materi yang dikembangkan dalam bahan ajar teks narasi ini merupakan materi yang harus pada LKPD dikuasai oleh guru sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar serta disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Selain itu, peserta didik dan guru menginginkan bahan ajar yang didesain dengan kemasan yang menarik dan sesuai dengan pemahaman peserta didik. Kata-kata kunci : bahan ajar, folklor dan Teori Kooperatif Jigsaw
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:59 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:59 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22856 |
Actions (login required)
View Item |