PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ( Studi pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik Siswa Kelas XI di SMKN Rejang Lebong )

Dewi, Rosmala and Sahono, Bambang and Risdianto, Eko (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ELECTRICAL CONTROL TECHNIQUES SIMULATOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ( Studi pada Mata Pelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik Siswa Kelas XI di SMKN Rejang Lebong ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
Tesis Rosmala Dewi Pustaka - rosmala dewi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Electrical Control Techniques Simulator yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pembelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Untuk mendeskripsikan kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis Electrical Control Techniques Simulator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Untuk mendeskripsikan efektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis Electrical Control Techniques Simulator dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Dalam penelitian ini digunakan rancangan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan dalam pelaksanaannya yaitu terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subject penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah secara kualitatif yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan obsevasi, kuesioner (angket) dan secara kuantitatif dengan cara mengumpulkan data hasil pretest sebelum pembelajaran berlangsung dan post-test setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: Media pembelajaran berbasis Electrical Control Techniques Simulator yang dikembangkan layak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XI. Pengembangan media pembelajaran berbasis Electrical Control Techniques Simulator efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Electrical Control Techniques Simulator, Prestasi Belajar, Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: septi
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:57
Last Modified: 22 Oct 2024 07:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22909

Actions (login required)

View Item View Item