Suryadi, Waluyo and Arono, Arono and Sarwono, Sarwit (2024) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN MENGGUNAKAN METODE BANDONGAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
TESIS_WALUYO SURYADI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan menggunakan metode bandongan santri pondok pesantren Darussalam Kota Bengkulu. Data dalam penelitian ini diambil dari pengamatan pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di kelas. Aspek yang diambil dalam pengamatan oleh peneliti yaitu kegiatan santri pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data adalah santri dan guru. Data diperoleh dari observasi lapangan secara langsung selama tiga kali pertemuan. Pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan menggunakan metode bandongan santri pondok pesantren Darussalam Kota Bengkulu dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut: (1) Pendahuluan; guru memberi salam, membaca khadhoroh kemudian membaca alfatihah. (2) Inti; Guru membacakan materi pelajaran dengan cara membacakan kata per kata disertai arti kata tersebut, Santri menuliskan di kitab masing-masing sesuai dengan yang dibaca guru, Guru menjelaskan keterangan dari rangkaian kata yang diartikan tersebut, Guru memberikan kesempatan kepada santri untuk menanyakan tentang materi yang sedang di ajarkan, Guru memberi umpan balik dengan memberi beberapa pertanyaan kepada santri guna melihat kemampuan santri mengikuti pembelajaran, Guru memberikan waktu kepada santri untuk menuliskan teks laporan mengenai materi yang baru diajarkan dengan menggunakan kalimat sendiri. (3) Penutup; Guru menutup bacaan kitab dengan bacaan “waallahu a’lam bishowab” sebagai penutup bahwa sudah berakhir kegiatan pembelajaran, kemudian guru memimpin untuk membaca alfatikhah bersama-sama dengan santri, Guru menutup dengan bacaan salam. Hasil kerja santri berupa penulisan kembali materi yang diajarkan, dapat dijadikan dokumen dan berkas guru sebagai bahan pertimbangan dalam melihat kemampuan santri dari segi pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Kata Kunci : Pembelajaran di Pesantren, teks laporan, metode bandongan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 07:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 07:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22949 |
Actions (login required)
View Item |