Dewi, Pratiwi Silalahi and Fitri, Santi and Kamaludin, Kamaludin and Fahruzzaman, Fahruzzaman (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SOSIAL INFLUENCE TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI TERHADAP MINAT MENABUNG PELAJAR SMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
SKRIPSI DEWI PRATIWI SILALAHI C1B018053 - Dewi Pratiwi Silalahi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Setiap orang memiliki tanggung jawab untuk mengelola keuangannya karena hal tersebut berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari-hari, salah satunya adalah mendorong minat menabung. Kegiatan menabung telah dipraktekkan sejak saat dulu, baik di rumah, di bank, atau dengan mengikuti arisan tabungan dan dapat diajarkan kepada anak-anak semuda mungkin, terutama pelajar. Ide menabung bervariasi dari orang ke orang. Menunda konsumsi, memotong pengeluaran, dan menyisihkan uang hanyalah beberapa cara orang dapat menghemat uang, khususnya di tahap remaja, ketika anak-anak mulai dipercaya untuk mengelola keuangannya secara mandiri untuk tujuan masa depan. Menabung penting bagi anak-anak sekolah tidak hanya agar mereka dapat memiliki uang sendiri, tetapi juga agar mereka dapat mengembangkan keterampilan manajemen diri yang baik, hidup sederhana, tidak menghabiskan uang, dapat mengantisipasi kejadian yang tidak terduga, dan menangani keuangan mereka di masa depan. Sayangnya, mayoritas masyarakat Indonesia tidak memiliki kebiasaan menabung. Masih kurangnya pemahaman populer tentang menabung. Menurut www.worldbank, Indonesia memiliki tingkat inklusi publik yang rendah dan populasi mudanya hanya memiliki 35,2% dari rekening jasa keuangan, yang merupakan persentase yang sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Penelitian ini dilakukan untuk (1) menguji pengaruh literasi keuangan terhadap minat menabung pelajar SMA Kota Bengkulu (2) untuk menguji sosial influence teman sebaya terhadap minat menabung pelajar SMA Kota Bengkulu. (3) untuk menguji pengaruh kontrol diri terhadap minat menabung pelajar SMA Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuisioner secara daring melalui google form. Responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 342 siswa yang merupakan pelajar SMA Kota Bengkulu. Penentuan jumlah responden tersebut menggunakan table Isaac yaitu pada tingkat kesalahan 5% dari 19.739 siswa. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.0. Empat dimensi literasi keuangan yaitu pengetahuan keuangan umum, tabungan dan pinjaman, asuransi, dan investasi. Indikator pengaruh sosial teman sebaya diantaranya memiliki interaksi sosial dengan teman sebaya, menerima dukungan dan dorongan dari teman sebaya, menerima informasi atau pengalaman baru dari teman sebaya x dan mengadopsi kebiasaan dari teman sebaya. Lima komponen pengendalian diri adalah: kapasitas untuk kontrol stimulus, kapasitas untuk kontrol perilaku, kapasitas untuk antisipasi peristiwa atau stimulus, kapasitas untuk interpretasi peristiwa atau stimulus dan kapasitas untuk pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) literasi keuangan berdampak positif dan signifikan terhadap minat siswa SMA di Kota Bengkulu untuk menabung. (2) sosial influence teman sebaya berpengaruh terhadap minat siswa SMA untuk menabung di Kota Bengkulu. (3) Kontrol diri berdampak positif terhadap motivasi siswa SMA di Kota Bengkulu dalam menabung Temuan penelitian menunjukkan bahwa tiga variabel independen mempengaruhi variabel dependen yaitu minat menabung. Di masa depan, penting untuk mempertahankan literasi keuangan, teman sebaya, dan pengendalian diri yang secara positif dan signifikan mempengaruhi keinginan untuk minat menabung
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 08:14 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 08:14 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22960 |
Actions (login required)
View Item |