PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA MATERI STATISTIKA SMP MENURUT INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

MARDALENA, SULISTI and Della, Maulidiya and Teddy, Alfra Siagian (2024) PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA MATERI STATISTIKA SMP MENURUT INDIKATOR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Mardalena Sulisti_A1C019002_ Skripsi_Pendidikan Matematika. - 002 Mardalena sulisti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan berpikir yang dipandang penting sebagai kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan nalarnya untuk menemukan suatu penyelesaian soal yang sulit dipecahkan. Namun kenyataanya soal yang terdapat di lembar kerja siswa pada subjek penelitian ini, proses penyelesaiannya belum ada penilaian bahwa sudah melakukan indikator-indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Hal tesebut yang mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk menghasilkan soal pilihan ganda yang valid, reliabel dan dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Tessmer yang meliputi tahap preliminary dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one�to-one, small group dan field test). Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IXA, B, C SMPN 10 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan soal yang dikembangkan: (1) Valid berdasarkan indeks Aiken V semua katagori validitas logis (materi, konstruk dan bahasa). (2) Reliabel berdasarkan koefisien reliabilitas 24 soal sebesar 0,593. (3) Tingkat kemampuan berpikir kritis matematis 25 peserta didik dalam menyelesaikan soal memiliki sebaran sebanyak 6 orang (24%) kriteria sangat rendah, 13 orang (52%) kriteria rendah, 4 orang (16%) kriteria sedang dan 2 orang (8%) kriteria tinggi. Hasil tingkat kemampuan berpikir kritis matematis 25 peserta didik dalam mengerjakan soal cenderung pada kategori rendah dengan perolehan nilai rata-rata skor juga berada pada kategori rendah. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Soal Pilihan Ganda.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 03:57
Last Modified: 28 Oct 2024 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23014

Actions (login required)

View Item View Item