ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS IX SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Fitriyani, Fitriyani and Dewi, Rahimah and Teddy, Alfra Siagian (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PADA BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS IX SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_FITRIYANI_A1C019069 - 069 Fitriyani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah merupakan tujuan pembelajaran matematika yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa agar dapat mengatasi permasalahan matematika. Namun kenyataanya kesadaran akan pentingnya kedua tujuan pembelajaran tersebut masih kurang. Hal itulah yang mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau kemmapuan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu 26 orang siswa kelas IX B SMPN 17 Kota Bengkulu pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematika. 2) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sangat baik memenuhi keempat indikator polya; Siswa kategori baik sudah melakukan semua tahapan polya namun belum maksimal pada indikator merencankan penyelesaian; Siswa dengan kategori cukup mampu memahami masalah, dan melaksanakan penyelesaian tetapi pada indikator merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali siswa masih mengalami kesulitan; Siswa kategori kurang mampu memahami masalah dan melaksanakan rencana penyelesaian walaupun masih terdapat kesalahan pada perhitungan sedangkan pada indikator merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali siswa tidak melaksanakannya; Siswa dengan kemampuan pemechan masalah matematis kategori sangat kurang mampu memahami masalah, tetapi tidak melakukan indikator merencankan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali dengan baik. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Komunikasi Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 28 Oct 2024 04:25
Last Modified: 28 Oct 2024 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23019

Actions (login required)

View Item View Item