ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA SOLARIA CAFÉ & RESTO PADA MEGA MALL BENGKULU

Prasety, Lapran and Budi, Supriyanto (2009) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN PADA SOLARIA CAFÉ & RESTO PADA MEGA MALL BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
lapran.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (728kB)

Abstract

Solaria Café & Resto merupakan perusahaan yang bergerak dibidang Usaha Restaurant, dengan Nama Perusahaan CV. Restaurant Solaria, Nama Usaha Solaria Café & Resto. Perusahaan Solaria Café & Resto ini berpusat pada Ruko thamrin Blok D No. 05 Jln. M.H. Thamrin Lipo Cikarang Bekasi 17550. Solaria Café & Resto ini sudah tersebar dibeberapa tempat hampir di seluruh Indonesia, diantaranya : Sumatra (Medan, Padang, riau, Jambi, Palembang, Lampung, termasuk Propinsi Bengkulu), di daerah Jawa (Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya) hingga mencangkup daerah Sulawesi dan Kalimantan. Solaria Café & Resto membuka cabang di Bengkulu yang berlokasi pada Mega Mall Lantai Dasar No 31,32 Jln. KZ. Abidin II Pasar Minggu Bengkulu. Solaria Café & Resto didirikan dengan konsep interiornya yang modern dan Classic, yang diresmikan pada tanggal 5 Oktober 2008. Riset studi diarahkan untuk mengidentifikasi kepuasan konsumen Solaria Café dan Resto Mega Mall Bengkulu dengan penggunaan indikator lima dimensi Kualitas Jasa yakni, Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance and Emphaty. Riset ini dilakukan pada Solaria Café dan Resto di Mega Mall Bengkulu. Data menggunakan untuk studi adalah data primer. Data ini didapat lewat distribusi daftar pertanyaan, kemudian, data itu dikumpulkan dan dianalisa dengan penggunaan suatu metode anlisis servqual. Sampel diambil dari 100 responden konsumen yang telah makan pada Solaria Café dan Resto di Mega Mall Bengkulu. Hasil studi menunjukkan bahwa terdapat suatu gap antara harapan dan kenyataan yang dirasakan. Pada dimensi Bukti fisik (Kerapian penampilan karyawan, Kelengkapan Peralatan, Keteraturan ruangan, Kebersihan tempat Dan Fasilitas kerapian dan kualitas jasa). Pada Dimensi Keandalan (Ketangkasan untuk melayani konsumen, Pembayaran yang mudah, Penempatan lokasi yang strategis, Perhatian karyawan pada konsumen, dan Pengetahuan karyawan). Tentang Dimensi Daya Tanggap (Ketepatan untuk melayani konsumen, Kemampuan reaksi karyawan ke konsumen bila terdapat masalah, Interaksi karyawan kepada konsumen, Perhatian karyawan pada tiap-tiap konsumen, dan Mendengarkan secara tulus akan keluhan konsumen) Pada Dimensi Jaminan (Keramahan melayani konsumen, Tempat yang x nyaman dan aman, kesabaran dalam melayani konsumen, Dukungan untuk karyawan dari perusahaan tempat bekerja dan Jaminan atas barang konsumen). Pada Dimensi Perhatian (Memberi pemecahan permasalahan untuk konsumen, dan menerima saran dari konsumen. Dari hasil riset analisis servqual diperoleh hasil Gap akhir 17,361 bernilai positif, berarti secara keseluruhan dimensi dengan hasil Gap akhir positif maka konsumen merasa puas terhadap Solaria Café dan Resto pada Mega Mall Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 00:30
Last Modified: 29 Nov 2013 00:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2303

Actions (login required)

View Item View Item