PERAN GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI PAUD NEGERI MELATI DHARMA WANITA REJANG LEBONG

MARRESHA, OCSIA BELLA and Delrefi, Delrefi and Dwi, Lyna Sari (2024) PERAN GURU DALAM MENGHADAPI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI PAUD NEGERI MELATI DHARMA WANITA REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1I020070_Marresha Ocsia Bella - Marresha Ocsia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran guru PAUD dalam menghadapi pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan fenomena yang terjadi secara menyeluruh, luas dan mendalam. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan informan yaitu guru kelas beserta informan kunci adalah kepala sekolah. Data skunder yang diperoleh dari media sosial dan dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memahami keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai oleh anak untuk menghadapi abad 21 seperti keterampilan berkomunikasi, kerja sama, berpikir kritis, kreativitas, berinovasi, dan memiliki kemampuan dalam penalaran. Sementara ity guru menggunakan media sosial sebagai teknologi informasi dalam penyampaian pembelajaran kepada anak-anak, merencanakan program pembelajaran, dan menjadikan STPPA sebagai pedoman dalam menentukan CP. Guru juga menggunakan pendekatan saintifik dan metode vidio based learning sebagai pendekatan yang dilakukan kepada anak, serta menggunakan jenis penilaian ceklis, foto berseri, dan hasil karya. Selain itu, guru tidak hanya berperan sebagai pemberi motivator, sebagai fasilitator, dan seorang pendidik tetapi guru juga berperan sebagai perencana dalam pembuatan program pembelajaran, pemberi penilaian terhadap hasil kerja anak, sebagai penentuan indokator dalam penilaian, dan seseorang yang menyiapkan metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pemberian pelajaran kepada anak. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah lebih mendalami dalam melakukan wawancara sehingga informasi yang didapatkan akan lebih mendalam. Kata Kunci: Peran guru, Pembelajaran, Abad 21

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:21
Last Modified: 29 Oct 2024 01:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23037

Actions (login required)

View Item View Item