Meylany, Mentary Jasmine and Indrawati, Indrawati and Melia, Eka Daryati (2024) PERBEDAAN KECERDASAN MUSIKAL ANTARA ANAK YANG BERMAIN MUSIK DRUMBAND DENGAN ANAK YANG BERMAIN MUSIK DOL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
Bebas Perpustakaan Unib Meylany Mentary J_compressed - MeylanyMentary Jasmine.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Kecerdasan musikal adalah kemampuan untuk menyimpan not-not musik dalam pikiran, menghafal ritmenya, dan terpengaruh secara emosional oleh musik. Kecerdasan seni musikal anak dapat berkembang dengan bermain alat musik salah satunya dengan menggunakan drumband.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perbedaan kecerdasan musikal antara anak yang bermain musik drumband dengan anak yang bermain doll. Populasi dalam penelitian ini adalah anak di TK Sandhy Putra Telkom dan TK Auladuna yang mengikuti ektrakulikuler drumband. Sampel penelitian sebanyak 28 orang anak diambil dengan menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan TK IT Auladuna berada pada kategori cukup dengan nilai rata – rata sebesar 2,3% dan TK Shandy berada pada kategori baik dalam bermain drum dengan nilai rata – rata sebesar 2,6%. Hasil uji hipotesis menunjukan terdapat perbedaan kecerdasan musikal antara anak yang bermain musik drumband dengan anak yang bermain musik dol. Disarankan kepada guru untuk dapat meningkatkan strategi pengajaran musik sehingga anak dapat mengikuti tempo bermain alat musik dengan lebih baik. Kata kunci: drumband, kecerdasan musikal, musik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 01:35 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 01:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23039 |
Actions (login required)
View Item |