STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU TK SEGUGUS KASTURI, KECAMATAN CURUP KOTA

Inada, Karmita Putri and Delrefi, Delrefi and Nesna, Agustriana (2024) STUDI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU TK SEGUGUS KASTURI, KECAMATAN CURUP KOTA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI INADA KARMITA PUTRI_A1I020017 PGPAUD - Inada karmita Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan studi penggunaan media pembelajaran bagi guru TK Segugus Kasturi, Kecamatan Curup Kota. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proposional random sampling yang merupakan salah satu jenis daril stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran bagi guru TK Segugus Kasturi, Kecamatan Curup Kota pada media berbasis media audio dengan persentase 86,52 % berkategori sering, media visual dengan persentase 90,14 % dengan kategori sering, dan media audio-visual dengan persentase 90,36 % berkategori sering digunakan dalam proses pembelajaran. Media visual dan media audio-visual lebih sering digunakan dalam proses pembelajaran di TK karena media visual dapat memperjelas konsep-konsep abstrack kepada anak dan media audio-visual dapat mengajarkan anak-anak TK tentang nilai-nilai moral dan etika serta dapat mengembangkan keterampilan berbicara dan mendengar anak-anak TK. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk meningkatkan pemeliharaan atau melengkapi media yang dibutuhkan dalam pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan anak. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Guru, TK

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:20
Last Modified: 29 Oct 2024 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23050

Actions (login required)

View Item View Item