PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK B BERDASARKAN ANAK NON TK A DAN TK A SE-KECAMATAN SUNGAI SERUT

Julianessa, Anggraini and Didik, Suryadi and Nesna, Agustriana (2024) PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TK KELOMPOK B BERDASARKAN ANAK NON TK A DAN TK A SE-KECAMATAN SUNGAI SERUT. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Julianessa_A1I020066 - Julianessa Anggraini.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca memberikan konribusi terhadap adanya perbedaan pada berbagai hal. Diduga terdapat perbedaan kemampuan membaca pada anak usia dini bila dilihat dari anak kelompok B di non TK A dan TK A. Tujuan penelitian ini untuk memberikan perbedaan kemampuan membaca anak kelompok B berdasarkan anak non TK A dan TK A. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK se-Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu, dengan total populasi 197 anak. Sampel peneliti ini sebanyak 91 anak diambil dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah anak non TK A dan TK A dan kemampuan membaca. Teknik dalan pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak kelompok B di TK se-Kecamatan Sungai Serut untuk anak non TK A dalam kategori baik, sedangkan untuk anak TK A dalam kategori sangat baik. Untuk hasil penelitian tersebut menunggunakan uji t. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan membaca anak non TK A dan TK A. Disarankan kepada peneliti kemampuan membaca anak TK B dilihat dari berbagai aspek atau latar belakang anak, dan juga dapat meneliti kembali hasil tes anak. Kata Kunci: kemampuan membaca, anak TK A dan non Tk A, anak TK kelompok B

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:23
Last Modified: 29 Oct 2024 02:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23051

Actions (login required)

View Item View Item