PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

ADINDA, EPI TALIA and Feri, Noperman and Herman, Lusa (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBASIS INSHOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Adinda Epi Talia_A1G020084 (unib) - Adinda Epi Talia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi berbasis InShot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Hasil uji hipotesis pada kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai dengan menggunakan Equal Variences Assumed=2.469 dan nilai sig. (2-tailled) bernilai 0,017 serta nilai distribusi adalah 2,011, sehingga > (2,469>2,011) dan sig. (2-tailled) 0,017<0,05. Data ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang disebabkan oleh perlakuan kedua kelas yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video animasi berbasis InShot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu Kata kunci: Video Animasi, Aplikasi InShot, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:02
Last Modified: 29 Oct 2024 03:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23059

Actions (login required)

View Item View Item