PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR (UTAR) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS XIX KOTA BENGKULU

ALFINA, DIAH PRADITA and Bambang, Parmadi and Atika, Susanti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA PINTAR (UTAR) PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Alfina Diah Pradita_A1G020131_UNIB-1 - Alfina diah Pradita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga pintar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila terhadap Motivasi belajar siswa kelas IV Gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas IV Sekolah Dasar Gugus XIX Kota Bengkulu dengan pertimbangan beberapa kriteria yang terdiri dari 2 sekolah yakni SDN 103 Kota Bengkulu dikelas IVA dan SDN 69 Kota Bengkulu dikelas IVD. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tertutup dalam bentuk skala likert yang diberikan melalui pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan kuantitatif analisis. Hasil analisis post-test menunjukan signifikan perbedaan antara sebelum diberi perlakuan dan setelah diberi perlakuan. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis (t-test) dengan nilai t hitung (2,218) > t table (1,676). Berdasarkan test t hitung > t table kemudian Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media ular tangga pintar terhadap motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Ular Tangga Pintar, Pembelajaran Pendidikan Pancasila, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:13
Last Modified: 29 Oct 2024 03:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23060

Actions (login required)

View Item View Item