ANISA, DIAH WARDANI and Dalifa, Dalifa and Dwi, Anggraini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI DI SEKITAR KITA SD GUGUS XIX KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
Anisa Skripsi - Anisa Diah Wardani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi berbasis canva terhadap hasil belajar IPAS materi Transformasi Energi Di Sekitar Kita SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Teknik penentuan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dan didapat SDN 103 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan SDN 69 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda berupa pretest dan posttest yang kemudian di analisis data dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat, dan uji-t. Berdasrkan, uji-t data posttest diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,003, yang berarti 0,003 < 0,05 dan berdasarkan ttabel diperoleh 2,012 yang berarti thitung > ttabel (3,173 > 2,012). Berdasarkan data tersebut, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan video animasi berbasis canva berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS pada aspek pengetahuan materi Transformasi Energi Di Sekitar Kita SD Gugus XIX Kota Bengkulu. Kata Kunci: IPAS, Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Canva, dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 03:18 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 03:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23061 |
Actions (login required)
View Item |