STUDI DESKRIPSI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 C SDN 52 KOTA BENGKULU

NUR, RAHMA PERODELA and Neza, Agusdianita and Ike, Kurniawati (2024) STUDI DESKRIPSI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS 1 C SDN 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Bagi SKRIPSI_NUR RAHMA PERODELA_PGSD - Nur Rahma Perodela.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika di kelas 1 C SDN 52 kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 C di SDN 52 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu human instrument (peneliti itu sendiri) dengan menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yaitu : perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian ini adalah (1) Pada tahap perencanaan pembelajaran menunjukkan guru telah menyusun model pembelajaran, tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran serta lampiran dengan benar yang berpedoman pada buku pemerintah dan buku LKS untuk menyesuaikan materi yang diajarkan. (2) Tahap pelaksanaan pembelajaran berjalan cukup baik, siswa antusias dalam melakukan proses pelaksanaan pembelajaran dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru sampai selesai. (3) Tahap asesmen pembelajaran melalui kegiatan evaluasi dalam menyusun tugas dan aktivitas dilakukan dalam bentuk penilaian formatif yang dilakukan diakhir pengerjaan tugas harian sudah terlaksana cukup baik sesuai dengan modul ajar yang disusun. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran matematika di kelas 1 C SDN 52 kota Bengkulu sudah terlaksana cukup baik. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Matematika. Studi Deskripsi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:32
Last Modified: 29 Oct 2024 03:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23064

Actions (login required)

View Item View Item