MILLADINA, PUTRI and Hasnawati, Hasnawati and Nani, Yuliantini (2024) STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS DALAM PROSES PEMBUATAN KARYA SENI RUPA MELUKIS DENGAN TEKNIK USAP ABUR DI KELAS I SD NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
Milladina Putri A1GO20055_SKRIPSI UNIB - Milladina Putri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa dalam proses pembuatan karya seni rupa melukis dengan teknik usap abur di kelas I SD Negeri 06 Kota Bengkulu dan hasil karya seni rupa dengan teknik usap abur berdasarkan unsur dan prinsip seni rupa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 06 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, dibantu dengan lembar observasi dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah kreativitas siswa dalam proses pembuatan karya seni rupa melukis dengan teknik usap abur yang dilihat dari 5 indikator kreativitas, yakni memiliki imajinasi yang hidup, orisinil, dapat bekerja sendiri, mampu melihat masalah dari berbagai sudut pandang, dan sikap berani mengambil risiko. Selanjutnya, hasil karya teknik usap abur dilihat dari unsur-unsur seni rupa, yakni garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang. Serta dilihat dari prinsip�prinsip seni rupa, yakni kesatuan, keseimbangan, keserasian, irama, dan penekanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa dalam proses pembuatan karya seni rupa melukis dengan teknik usap abur mengacu pada 5 indikator kreativitas. Pada hasil karya berdasarkan unsur seni rupa, kelompok 1 mengacu pada unsur garis, bidang, warna, tekstur, dan gelap terang. Sementara itu, pada kelompok 2, 3, 4, dan 5 mengacu pada unsur garis, bidang, warna, dan tekstur. Selanjutnya hasil karya berdasarkan prinsip seni rupa, kelompok 1 dan 4 mengacu pada prinsip kesatuan, keseimbangan, keserasian, irama, dan penekanan. Kelompok 2 mengacu pada prinsip kesatuan, keseimbangan, keserasian, dan irama. Kelompok 3 mengacu pada prinsip kesatuan, keseimbangan, keserasian, dan penekanan. Kelompok 5 mengacu pada prinsip kesatuan, keseimbangan, dan keserasian. Kata Kunci : Kreativitas, Seni Rupa, Melukis, Teknik Usap Abur
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:05 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23083 |
Actions (login required)
View Item |