PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

MSY. ISYE, AULIA RAHMAWATI and Feri, Noperman and Ike, Kurniawati (2024) PENGARUH MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
MSY. ISYE AULIA RAHMAWATI A1G020060 SKRIPSI LENGKAP - MSY. Isye Aulia Rahmawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SDN Gugus III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling, sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 57 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 17 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 butir dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk pretest dan posttest. Pengambilan tes sebanyak 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelompok eksperiman dan kelompok kontrol. Hasil perhitungan uji- t nilai posttest peserta didik, sig. (2- tailed) lebih kecil dari 0, 05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik muatan IPA kelas V SDN Gugus III Kota Bengkulu. Kata kunci: Media Augmented Reality, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Muatan IPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:11
Last Modified: 29 Oct 2024 07:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item