MUTIARA, RACHMADINI and Hasnawati, Hasnawati and Yusnia, Yusnia (2024) PENGARUH KARYA BUBUR KERTAS TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA SISWA KELAS IV SD KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
MUTIARA RACHMADINI_A1G020145_SKRIPSI FIKS - Mutiara Rachmadini.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karya bubur kertas terhadap sikap peduli lingkungan pada pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SD Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre�Ekperimental Design dengan desain penelitian One Group Prestest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SD Gugus V Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IVB dari SDN 02 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan pengukuran skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest. Hasil tersebut dibuktikan dari nilai thitung 4,746 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,001 dengan taraf signifikansi sebesar 2,073 karena nilai thitung > ttabel (4,746 > 2,073) dan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,025 maka Ha diterima. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sikap peduli lingkungan pada data pretest dan posttest dengan demikian hasil disimpulkan bahwa terdapat pengaruh karya bubur kertas terhadap sikap peduli lingkungan pada pembelajaran seni rupa siswa kelas IV SD Kota Bengkulu. Kata Kunci: Karya Bubur Kertas, Seni Rupa, Sikap Peduli Lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 07:18 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:18 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23085 |
Actions (login required)
View Item |