INTERNALISASI NILAI KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DALAM KEGIATAN UPACARA BENDERA (STUDI KASUS DI KELAS V SD NEGERI 34 REJANG LEBONG)

OCTA, VIOLA ADE PUTRI and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2024) INTERNALISASI NILAI KEDISIPLINAN SISWA MELALUI METODE PEMBIASAAN DALAM KEGIATAN UPACARA BENDERA (STUDI KASUS DI KELAS V SD NEGERI 34 REJANG LEBONG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
OCTA VIOLA ADE PUTRI A1G020074 PGSD - octa viola ade p.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan internalisasi nilai kedisiplinan siswa melalui metode pembiasaan dalam kegiatan upacara bendera Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru kelas V dan juga Siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data yang digunakan yaitu triangulasi dan member check. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat tiga tahapan internalisasi nilai yaitu transformasi nilai, transaksi nilai dan trans-internalisasi nilai dan didalam kegiatan upacara terdapat 10 indikator. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ketiga tahapan dalam menginternalisasi nilai kedisiplinan dalam kegiatan upacara bendera telah ditunjukkan oleh siswa meskipun belum sepenuhnya ditunjukkan sikap siswa kelas V. Indikator yang masih belum ditunjukkan oleh siswa adalah tidak mengikuti pembacaan Pancasila, tidak menggunakan atribut berpakaian lengkap seperti dasi dan ikat pinggang, siswa juga tidak bubar barisan secara teratur ketika upacara bendera selesai dilaksanakan. Kata kunci: Internalisasi Nilai Kedisiplinan, Kegiatan Upacara Bendera Tahap Internalisasi Nilai

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:26
Last Modified: 29 Oct 2024 07:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23087

Actions (login required)

View Item View Item