PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS I KOTA BENGKULU

PUTU, VIRA DIOKTA ARDANI and Neza, Agusdianita and Ike, Kurniawati (2024) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN GUGUS I KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Putu Vira Diokta Ardani_A1G020053 Perpustakan UNIB 2 - Vira Diokta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN Gugus I Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasy experiment) dan jenis desain penelitian yang digunakan yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah SDN Gugus I Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVB SDN 01 dan IVA SDN 07 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah Pretest dan Posttest dengan menggunakan instrumen soal kemampuan pemahaman matematika bentuk uraian sebanyak 5 butir. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan uji-t jenis Independent Samples t-test. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh thitung sebesar 4,298 dan ttabel sebesar 2,002 dengan taraf signifikan 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen sebesar 55,00 dan pada kelas kontrol sebesar 50,16. Kemudian nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 78,56 dan pada kelas kontrol sebesar 63,20.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran beriferensiasi pada Kurikulum Merdeka terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV di SDN Gugus I Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 07:39
Last Modified: 29 Oct 2024 07:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23090

Actions (login required)

View Item View Item