IDENTIFIKASI MASALAH GURU DAN SOLUSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 81 KOTA BENGKULU

SELVI, PUTRI and Herman, Lusa and Atika, Susanti (2024) IDENTIFIKASI MASALAH GURU DAN SOLUSI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 81 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SELVI PUTRI_A1G020102_S1PGSD_compressed (1)_compressed - Jadi Nyamuk.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah guru beserta solusi dan dalam implementasi kurikulum merdeka di SDN 81 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1A, 2, 4, 5, dan kepala sekolah SDN 81 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data melalui triangulasi teknik dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi guru SDN 81 Kota Bengkulu dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, yaitu sebagian guru belum memahami sepenuhnya dalam merancang perangkat pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran guru mengalami masalah dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan Projek Penguatan Profil Pancasila sementara pada penilaian atau asesmen guru tidak begitu mengalami masalah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka di SDN 81 Kota Bengkulu guru mengalami beberapa masalah pada perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pebelajaran. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu diskusi dan bertukar pikiran dengan rekan sejawat, membentuk kelompok belajar, kepala sekolah dan guru mengikuti pelatihan implementasi kurikulum merdeka, memanajemen waktu yang baik, melanjutkan projek dirumah, dan digitalisasi sekolah. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Masalah Guru, Solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 08:05
Last Modified: 29 Oct 2024 08:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23096

Actions (login required)

View Item View Item