STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS PEMBUATAN KARYA 3D DARI KERTAS ORIGAMI DENGAN TEKNIK 3M PADA MUATAN SBdP PESERTA DIDIKKELAS III SDN 69 KOTA BENGKULU

SIHISMANIAS, TARI FOLANDA. S and Hasnawati, Hasnawati and Nani, Yuliantini (2024) STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS PEMBUATAN KARYA 3D DARI KERTAS ORIGAMI DENGAN TEKNIK 3M PADA MUATAN SBdP PESERTA DIDIKKELAS III SDN 69 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Sihismanias Tari Folanda (A1G020025) - Siptia Fatonah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik dalam proses pembuatan arya rumah 3D dengan teknik 3M dari kertas origami kelas III SD Negeri 69 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III B yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dibantu dengan lembar observasi, wawancara, dan dokumtasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan carapengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ada 5 karya rumah 3D dengan teknik 3M yaitu melipat pada kertas origami, menggunting kertas dengan garis lipatan lurus, dan menempel setiap bagian rumah yang sudah digunting. Hasil kreativitas pada 4 aspek yaitu aspek pribadi kepercayaan diri, keingintahuan,daya imajinasi, tekun serta ulet seorang peserta didik, aspek pendorong dari dalam maupun dari luar saat membuat karya, aspek proses peserta didik membentuk ide baru dan menemukan inovatifpada karya, dan aspek produk, peserta didik sudah bisa menciptakan dan menghasilkan karya baru yang menarik. Pada kelompok 1 meliputi 4 aspek kreativitas, Kelompok 2 meliputi 4 aspek kreativitas, tapi yang tidak ada yaitu aspek pendorong bagian dorongan dari luar, Kelompok 3 meliputi 4 aspek kreativitas, Kelompok 4 meliputi 4 aspek kreativitas, Kelompok 5 meliputi 4 aspek kreativitas, tapi yang tidak ada yaitu, aspek pendorong bagian dari luar pada saat menggunting. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan karya 3D pada kreativitas sudah memuat indikator meskipun ada beberapa indikator pada kreativitas yang belum mengacu pada saat proses pembuatan dengan menggunakan teknik 3M. Kata kunci : Seni rupa, Kreativitas, Teknik 3M

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 08:14
Last Modified: 29 Oct 2024 08:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23098

Actions (login required)

View Item View Item