PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS V SD GUGUS XXI KOTA BENGKULU

FUJI, FARINA and Hasnawati, Hasnawati and Nani, Yuliantini (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA KELAS V SD GUGUS XXI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI FUJI FARINA_A1G20103_compressed-dikompresi - fuji farina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Seni Rupa kelas V SD Gugus XXI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus XXI yang berakreditasi A. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas VB SD Negeri 51 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas V SD Negeri 59 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Uji coba instrument dilakukan pada kelas VI SD Negeri 51 Kota Bengkulu. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kreatif yang berbentuk uraian yang berjumlah 4 soal. Hasil perhitungan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,5 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73,89. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung 2,626 > ttabel 1,684 dan Sig. (2-tailed) bernilai 0,012. Dikarenakan nilai Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05maka Ha diterima. Hal ini dikarenakan ada perlakuan yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Seni Rupa kelas V SD gugus XXI Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran Seni Rupa, Model Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 29 Oct 2024 08:54
Last Modified: 29 Oct 2024 08:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23106

Actions (login required)

View Item View Item