RIZKI, SEPRIANSA and Dalifa, Dalifa and Neza, Agusdianita (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FOCUSKY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI GUGUS XI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
SKRIPSI RIZKI SEPRIANSA (A1G020139) - Sudirso Pga.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Focusky terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment dan menggunakan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster sampling, sehingga diperoleh 25 siswa kelas IV SDN 5 sebagai kelas eksperimen dan 24 siswa kelas IV SDN 41 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk uraian berjumlah 7 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang disebabkan karena adanya perlakuan kedua kelas yang berbeda. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Focusky terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Gugus XI Kota Bengkulu. Kata kunci: Aplikasi Focusky, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 09:11 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 09:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23111 |
Actions (login required)
View Item |