PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IIIA SDN 44 KOTA BENGKULU

SELI, YURIZKI and Herman, Lusa and Yusnia, Yusnia (2024) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IIIA SDN 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
Skripsi sidang seli TANGGAL _compressed - Jadi Nyamuk.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning berbantuan media Pop-Up Book pada pembelajaran tematik kelas IIIA SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IIIA SDN 44 Kota Bengkulu yang berjumlah sebanyak 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar Observasi Aktivitas siswa dan lembar Observasi Aktivitas guru,lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes digunakan dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan presentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini pada setiap siklus sudah terlaksana namun pada siklu I masih belum optimal sehingga diperbaiki pada siklus II. Hasil aktivitas guru di siklus I dengan rata-rata skor 26,5, meningkat pada siklus II menjadi rata-rata skor 41. Aspek pengetahuan pada siklus I mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata 74,75 dan presentase 76,19% meningkat pada siklu II dengan nilai rata�rata 80,47 dan presentase 90,47%. Mata pelajaran matematika Siklus I dengan nilai rata-rata 45,72 dan presentase 38,09% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,66 dan presentase 85,72%. Maka dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model discovery learning berbantuan media pop-Up Book pada pembelajaran tematik kelas IIIA SDN 44 Kota Bengkulu meningkat. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pop-Up Book, Aktivitas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:19
Last Modified: 30 Oct 2024 01:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23114

Actions (login required)

View Item View Item