SUSAN, YULIATRI and Feri, Noperman and Atika, Susanti (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text (skripsi)
SKRIPSI SUSAN YULIATRI-A1G020130_compressed - Susan Yuliatri.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi TikTok terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V Sekolah Dasar gugus xi Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitian ini adalah sekolah sekolah dasar gugus xi Sampel pada peneltian ini adalah kelas VB SDN 44 dan VB SDN 55 Kota Bengkulu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Claster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah non tes digunakan untuk mengukur minat belajar dalam bentuk angket berupa angket akhir dan angket awal. Jenis teknik analisis penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis uji persyarat dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil penelitian ini Sig. (2-tailed) 0,366 > 0,05 dengan taraf 5%. Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran IPAS kelas eksperimen (55,94) dan kelas kontrol (53,69), maka terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dan dinytakan kelas eksperimen yang menggunakan aplikasi TikTok tidak mempengaruhi minat belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh aplikasi TikTok terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas v sekolah dasar gugus xi Kota Bengkulu. Kata Kunci : IPAS, Aplikasi TikTok, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 01:26 |
Last Modified: | 30 Oct 2024 01:26 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23115 |
Actions (login required)
View Item |