UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS II/B SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU

TARISA, YOLANDA (2024) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS II/B SD NEGERI 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI TARISA YOLANDA-A1G020002-dikompresi - Tarisa Yolanda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Team Games Tournament (TGT) siswa kelas II B SDN 44 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas SDN 44 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai untuk setiap kategori. Data tes dianalisis menggunakan rumus rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika menggunakan model TGT. Hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siklus I didapatkan rata-rata kelas sebesar 55,25 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%, pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 75,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,26%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika kelas II B SDN 44 Kota Bengkulu. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Team Games Tournament

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:31
Last Modified: 30 Oct 2024 01:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item