ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI UNSUR LITERASI NUMERASI KELAS VI SD NEGERI 130 SELUMA

DESI, JULYKA AGIANSY and Neza, Agusdianita and Yusnia, Yusnia (2024) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI UNSUR LITERASI NUMERASI KELAS VI SD NEGERI 130 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
SKRIPSI_DESI JULYKA A_A1G020143_PGSD_compressed (3)_compressed - Desi Julyka Agiansy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan butir soal ujian sekolah mata pelajaran matematika ditinjau dari literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan dua orang rater dengan objek penelitian yaitu butir soal ujian sekolah pada mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2022/2023. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar analisis dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan analisis penilai (rater). Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan komponen literasi numerasi yaitu konten, proses kognitif dan konteks. Untuk aspek konten pada tipe geometeri dan pengukuran kemunculan sebanyak 15 kali dengan persentasenya 37,5%, untuk tipe bilangan, kemunculan sebanyak 14 kali dengan persentase 35%, untuk tipe aljabar, kemunculan sebanyak 0 dengan persentase 0% dan untuk data ketidakpastian, kemunculan sebanyak 11 kali dengan persentase 27,5%. komponen pada proses kognitif itu di aspek Knowing kemuculan sebanyak 21 kali dengan persentasenya yaitu 52,5%, untuk aspek Applying, kemunculan sebanyak 16 kali dengan persentase 40% dan unuk Reasoning, kemunculan sebanyak 3 kali dengan persentase 7,5%. Dan untuk konteks itu terdapat pada aspek sosial budaya dengan kemunculan sebanyak 12 kali dari dengan persentasenya yaitu 30%, untuk personal kemunculan butir soal sebanyak 4 kali dengan persentase 10% dan untuk saintifik, kemunculan sebanyak 24 kali dengan persentase 60%. Dapat di simpulkan bahwa pada butir soal ujian sekolah pada mata pelajaran matematika ini dapat dilihat dari kemunculan indikator pada unsur literasi numerasi. Kata Kunci : Butir Soal, Komponen, Literasi Numerasi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 01:50
Last Modified: 30 Oct 2024 01:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23120

Actions (login required)

View Item View Item