PENGEMBANGAN MODUL TATA SURYA BERBASIS MOOCs UNTUK SISWA KELAS VII SMP

OKTA, RAHMA PUTRI and Eko, Risdianto and Indra, Sakti (2024) PENGEMBANGAN MODUL TATA SURYA BERBASIS MOOCs UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (skripsi)
skipsi_okta rahma putri_A1M019007 - Veni Oktaviani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul digital berbasis MOOCs pada materi tata surya untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model 3D yang meliputi tahap Define, dan Design, Development. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar observasi, lembar panduan wawancara guru, lembar validasi ahli, dan lembar uji respon peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul digital berbasis MOOCs valid dan dapat digunakan. Hasil uji respon peserta didik terhadap modul digital yang dikembangkan menunjukkan kategori sangat bagus. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan dinyatakan layak oleh tim ahli dan mendapat respon yang positif dari peserta didik untuk dilanjutkan dalam uji coba skala luas untuk melihat keefektivitasan produk. Kata kunci : Modul Digital , MOOCs, Pengembangan, tata surya

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: septi
Date Deposited: 30 Oct 2024 03:30
Last Modified: 30 Oct 2024 03:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/23137

Actions (login required)

View Item View Item