ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI PRODUK ELEKTRONIK PADA SPEKTRA BENGKULU

Triansyah, Redo and Soengkono, Soengkono (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI PRODUK ELEKTRONIK PADA SPEKTRA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
Redo PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (566kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada Spektra Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu secara kredit. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Reduksi terhadap 20 faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu, menghasilkan 5 (lima) faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Kelima faktor tersebut adalah: faktor produk, faktor harga, faktor lokasi toko, faktor kebutuhan dan layanan, dan faktor kelompok acuan dan promosi; dan (2) Kontribusi kelima faktor tersebut secara bersama-sama menunjukkan akumulasi pengaruh pada keputusan konsumen dalam membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu sebesar 69,5% sedangkan selebihnya adalah adanya pengaruh faktor lain di luar kelima faktor tersebut. Dari hasil penelitian dan didasarkan pada kesimpulan yang ada, maka dapat dikemukakan beberapa saran : (1) Faktor kelompok acuan dan promosi sangat dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu. Oleh sebab itu, perlu peningkatan promosi-promosi penjualan seperti periklanan, personal seling, dan mouth to mouth; (2) Mengingat segmen pelanggan produk elektroni di Bengkulu adalah berasal dari kalangan menengah ke atas dengan tingkat penghasilan yang relatif baik, pada pengusaha produk elektronik harus berusaha menunjukkan layanan yang cepat dan menyediakan produk-produk yang berkualitas sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen; dan (3) Untuk penelitian lebih lanjut agar dikembangkan dengan mengamati variabel-variabel baru selain yang telah dilakukan dalam penelitian ini atau pada aspek perilaku konsumsi maupun preferensi konsumen pada produk elektronik pada beberapa periode tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 01:02
Last Modified: 29 Nov 2013 01:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item