PEMBELAJARAN FISIKA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL (CAI) PADA KONSEP GERAK PARABOLA DI SMAN I KOTA BENGKULU 2005/2006

Aminingsih, Siti and Rohadi, Nyoman and Bahrum, Zul (2006) PEMBELAJARAN FISIKA MODEL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL (CAI) PADA KONSEP GERAK PARABOLA DI SMAN I KOTA BENGKULU 2005/2006. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-SIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
IV,V-SIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk menyusun pembelajaran fisika model computer assisted-instructional (CAI) dengan menggunakan program turbo pascal, dan mengetahui efektifitasnya dalam proses pembelajaran pada konsep gerak parabola. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2IPA 2 SMAN 1 Bengkulu yang berrjumlah 37 siswa. Data yang diambil berupa data tes tiap siklus dan lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Teknik analisa data diolah berdasarkan perhitungan nilai rata-rata tes, daya serap, dan ketuntasan belajar berdasarkan acuan Depdiknas. Sebelum dilakukan tindakan kelas siswa diberikan tes awal untuk mengetauhi kemampuan siswa menggunakan komputer dan untuk mengelompokan siswa dalam proses pembelajaran. Pada akhir siklus siswa diberikan tes per siklus. Masing-masing tes dilakukan uji validitas dengan content validity (validitas isi). Berdasarkan analisa data dari hasil tes diperoleh nilai rata-rata untuk siklus I 7,30 dengan daya serap secara klasikal 72,97%, dan ketuntasan belajar 75,68%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 7,84 dengan daya serap secara klasikal 78,38% dan ketuntasan belajar 78,38%, sedangkan untuk siklus III nilai diperoleh rata-rata 8,07 dengan daya serap secara klasikal 80,74%, dan ketuntasan belajar 91,89% dan pembelajaran dapat dikatakan tuntas. Dengan demikian pembelajaran fisika model Computer Assisted Intructional (CAI) pada konsep gerak parabola dapat meningkatkan hasil belajar pada setiap siklusnya. Besarnya peningkatan daya serap tersebut adalah 5,41% untuk siklus II dan 2,36% untuk siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 08:51
Last Modified: 29 Nov 2013 08:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item