PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE THINK – PAIR – SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II b SMP N 11 BENGKULU

Khasana, Fitriani and Susanta, Agus and Idris, Irsal (2006) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE THINK – PAIR – SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II b SMP N 11 BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-FIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (696kB)
[img] Text
IV,V-FIT-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (696kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika yang menerapkan pembelajaran kooperatif melalui metode Think-Pair-Share (TPS).(2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa yang pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif melalui metode Think-Pair-Share (TPS. (3) Untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif melalui metode Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIB SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 38 orang, terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Rencana Tindakan selanjutnya. Siklus akan dihentikan jika nilai rata-rata siswa naik ≥ 0,5 tiap siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes , angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa (1) Cara untuk meningkatkan aktifitas siswa adalah sebagai berikut : (a) Siswa dikelompokkan secara berpasangan dengan berdasarkan kemampuan akademik yang heterogen dan jenis kelamin. (b) siswa diminta mengerjakan LKS (lampiran 7,14,dan 19). (c) Siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. (d) Siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah dengan teman sebangkunya. (e) Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya ke depan kelas. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dari 38 siswa (100%) memberikan respon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. (3) Penerapan pembelajaran kooperatif metode Think-Pair-Share (TPS) pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat meningkat prestasi belajar siswa. Pada setiap siklus siswa mengalami peningkatan dalam mengerjakan soal-soal tes akhir. Siswa dapat memahami soal dan tepat dalam melakukan perhitungan. Berdasarkan penilaian yang dilakukan diperoleh rata-rata nilai tes akhir siswa pada siklus I, II, dan III yaitu berturut-turut 6,64, 7,23 dan 7,90. Hal ini terlihat bahwa nilai rata-rata siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan sebesar 0, 59 dan 0,67.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:33
Last Modified: 29 Nov 2013 11:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2442

Actions (login required)

View Item View Item