PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Putri, Yossy novita indah and Idris, Irsal and Fachruddin, M. (2006) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-YOS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Text
IV,V-YOS-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode NHT pada pokok bahasan Teorema Pythagoras.(2) Untuk mengetahui bagaimana daya tarik siswa yang pembelajarannya dengan menerapkan pembelajaran kooperatif melalui metode NHT pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode NHT pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IID SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 35 orang, terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tiga siklus. Alur pelaksanaan tindakan kelas meliputi : Rencana Tindakan Pelaksanaan Tindakan Observasi Refleksi Rencana Tindakan selanjutnya. Siklus dihentikan karena nilai rata-rata siswa memperoleh peningkatan setiap siklus dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai 85% siswa memperoleh nilai ≥ 6,5. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes , angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa (1) Penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan proses pembelajaran dimana siswa dapat berinteraksi dengan kelompoknya dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil dari lembar observasi aktivitas siswa didapatkan skor rata-rata keaktifan siswa siklus I sebesar 16,5 dengan kriteria cukup, siklus II sebesar 26 dengan kriteria baik dan siklus III sebesar 28 dengan kriteria baik juga. (2) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat diikuti dan diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil angket daya tarik siswa dalam pembelajaran ini memperoleh persentase sebesar 94,3 % siswa merespon positif dan 5,7 % siswa merespon negative sehingga dapat dikatakan bahwa daya tarik siswa tersebut tinggi. 3) Penerapan pembelajaran kooperatif melalui metode Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat meningkat hasil belajar siswa. Pada setiap siklus siswa mengalami peningkatan dalam mengerjakan soal-soal tes akhir. Berdasarkan penilaian yang dilakukan diperoleh rata- rata nilai tes akhir siswa pada siklus I, II, dan III yaitu berturut-turut 6,25, 6,91 dan 7,98. Hal ini terlihat bahwa nilai rata-rata siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan sebesar 0, 66 dan 1,07.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 11:50
Last Modified: 29 Nov 2013 11:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item