PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII B SMP N 2 KOTA BENGKULU

Susanti, Eni and Sri , Irawati and Abas, Abas (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII B SMP N 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
ENI SUSANTI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa kelas VIII B SMP N 2 Kota Bengkulu melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada pokok bahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan dan Observasi, 3) evaluasi, 4) Refleksi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi dan lembar tes, lembar observasi terdiri dari lembar observasi Guru dan siswa. Pada siklus I rata- rata skor observasi guru adalah 28,5 yang termasuk dalam kriteria baik, sedangkan rata-rata skor observasi siswa adalah 23,5 yang termasuk dalam kriteria cukup, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan, dimana rata-rata skor observasi guru adalah 35 dengan kriteria yang sama yaitu masih dalam kriteria baik dan rata-rata observasi siswa adalah 33 dengan kriteria baik. Selanjutnya data hasil belajar siswa pada siklus I dianalisis dengan berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal dan diperoleh nilai rata-rata siswa 75, 63 dengan persentase ketuntasan belajar 70 % dengan kriteria belum tuntas dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79, 15 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5 % dengan kriteria tuntas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II pada pokok bahasan Sistem Peredaran Darah pada Manusia meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas VIII B SMP N 2 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 15:14
Last Modified: 29 Nov 2013 15:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item