PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CAL (COMPUTER ASSISTED LEARNING) BIOLOGI BERPOLA INDUKTIF PADA POKOK BAHASAN PRINSIP HEREDITAS SMA KELAS XII SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN (Research and development)

Margareta, Ria and Bhakti, Karyadi and Aceng, Ruyani (2009) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CAL (COMPUTER ASSISTED LEARNING) BIOLOGI BERPOLA INDUKTIF PADA POKOK BAHASAN PRINSIP HEREDITAS SMA KELAS XII SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN (Research and development). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
RIA MARGARETA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar CAL (Computer Assisted Learning) Biologi berpola induktif pada pokok bahasan Prinsip Hereditas SMA Kelas XII dan untuk mengetahui pendapat siswa dan guru tentang bahan ajar CAL Biologi berpola induktif pada pokok bahasan Prinsip Hereditas SMA Kelas XII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang dilakukan dalam lima tahap yaitu : (1) Analisis dan Pengumpulan bahan, (2) Desain/ perencanaan, (3) Pengembangan draf bahan ajar, (4) Uji coba lapangan terbatas, (5) revisi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah software berupa Microsoft powerPoint 2003, Windows Media Player dan Flash Player, hardware berupa seperangkat peralatan Komputer, dan lembar angket yaitu angket validasi ahli, angket guru, dan angket siswa. Data hasil angket dianalisis secara deskriptif argumentatif. Bahan ajar yang dikembangkan merujuk pada KTSP, Standar Kompetensi 3, Kompetensi Dasar 3.1 dan 3.2, dilengkapi dengan item suara, video, animasi dan galeri gambar. Bahan ajar bermemori pakai 375 MB yang disimpan dalam bentuk CD . Hasil angket validasi ahli menunjukkan rata-rata skor penilaian terhadap bahan ajar CAL berpola induktif sebesar 66 termasuk dalam kriteria baik sekali, sedangkan rata-rata skor pendapat guru terhadap bahan ajar 31,25 termasuk kriteria baik dan untuk rata-rata skor pendapat siswa sebesar 24,1 termasuk kriteria baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar CAL ini sudah baik dan siap di implementasikan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 29 Nov 2013 22:19
Last Modified: 29 Nov 2013 22:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item