PENGEMBANGAN PROTOTIPE PETA KONSEP BERBANTUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA

Irmawati, Tiurma and Diah , Aryulina and Riyanto, Riyanto (2009) PENGEMBANGAN PROTOTIPE PETA KONSEP BERBANTUAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
TIURMA IRMAWATI-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe peta konsep berbantuan komputer sebagai media pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang terdiri atas tahap pendahuluan dan pengumpulan data, tahap perencanaan, tahap pengembangan draf produk, dan tahap validasi. Subjek penelitian pada tahap pendahuluan dan pengumpulan data yaitu 2 guru biologi SMA Negeri di Kota Bengkulu, sedangkan pada tahap validasi yaitu 18 guru biologi SMA Negeri di Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan lembar penilaian. Lembar penilaian dianalisis menggunakan rata-rata skor dan persentase skor penilaian prototipe peta konsep berbantuan komputer. Hasil wawancara dengan guru biologi SMA menunjukkan bahwa semua materi pelajaran biologi pada kelas X, XI, dan kelas XII dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran berupa peta konsep. Pada penelitian ini materi yang dianalisis untuk pengembangan media yaitu satu materi pokok dari masing-masing kelas. Untuk materi kelas X yaitu Ciri-ciri, Klasifikasi, Contoh dan Peranan dari Masing-Masing Divisio dalam Dunia Tumbuhan. Materi kelas XI yaitu Struktur, Fungsi, dan Proses serta Kelainan pada Sistem Pencernaan Makanan Manusia dan Hewan Ruminansia, sedangkan materi kelas XII yaitu Jenis dan Contoh Penerapan Bioteknologi. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini berupa CD peta konsep berbantuan komputer dari rincian ketiga materi tersebut. Peta konsep berisi rangkaian kaitan antar konsep dan gambar konsep yang dioperasikan dengan menggunakan program komputer yaitu microsoft power point. Hasil penilaian guru terhadap media secara keseluruhan adalah sangat baik. Aspek media yang dinilai sangat baik adalah aspek kesesuaian peta konsep dengan tujuan pembelajaran, ketepatan konsep utama, dan kejelasan gambar, sedangkan aspek kemenarikan rancangan peta konsep, kemenarikan gambar latar peta konsep, ketepatan gambar dengan keterangan, kesesuaian gambar dengan tujuan pembelajaran, ketepatan urutan penyajian konsep, kejelasan dilihat dari jarak 8 meter, dan ketepatan hubungan antarkonsep dinilai baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 07:47
Last Modified: 30 Nov 2013 07:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item