UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA II SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DENGAN PENGAJARAN TEAM TEACHING

Dian, Amrus and Amrul, Bahar and Dewi, Handayani (2009) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA II SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DENGAN PENGAJARAN TEAM TEACHING. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
AMRUS SKRIPSI PDF-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA II SMAN 4 Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dengan Pengajaran Team Teaching. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran ATI dengan pengajaran Team Teaching. 2) meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran ATI dengan pengajaran Team Teaching. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Dari analisis data hasi belajar untuk siswa berkemampuan tinggi ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 73.33 %, siklus II sebesar 76.92 % dan siklus III sebesar 86,61. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 13 (kriteria cukup), siklus II sebesar 16 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 17.5 (kriteria baik). Untuk siswa berkemampuan sedang ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 84,61 %, siklus II sebesar 86.66 % dan siklus III sebesar 92.30 %. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 17 (kriteria cukup), siklus II sebesar 22 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 23 (kriteria baik). Untuk siswa berkemampuan rendah ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 75.61 %, siklus II sebesar 85.36 % dan siklus III sebesar 87.80 %. keaktifan siswa pada siklus I sebesar 27.5 (kriteria baik), siklus II sebesar 31 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 31 (kriteria baik). Berdasarkan analisis deskripsi tersebut dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dengan Pengajaran Team Teaching efektif diterapkan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:31
Last Modified: 30 Nov 2013 08:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2562

Actions (login required)

View Item View Item