“UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN PSI (PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION) DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU”

Suherman, Irwan and Amrul, Bahar and Rina, Elvia (2009) “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN PSI (PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION) DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA (PEER TUTOR) DI KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU”. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
SKRIPSI IRWAN SUHERMAN.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan PSI (Personalized System of Instruction) dengan bantuan tutor sebaya (Peer Tutor). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 kota Bengkulu yang berjumlah 42 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus dari rata - rata nilai, ketuntasan belajar secara klasikal dan daya serap klasikal. Data observasi terdiri dari data observasi aktivitas guru dan siswa yang dianalisis menggunakan rumus rata - rata skor dan interval skor, dan data angket dianalisis dengan menggunakan rumus jumlah respon siswa yang menjawab positif dan siswa yang menjawab negatif. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan, diketahui bahwa penerapan pendekatan PSI (Personalized System of Instruction) dengan bantuan tutor sebaya (Peer Tutor) dapat meningkakan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa meningkat dari siklus I hingga siklus III. Pada siklus I diperoleh rata – rata skor 23 dengan kategori cukup, siklus I adalah 26 dengan kategori baik dan pada siklus III adalah 32 berada pada kategori baik. Untuk hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I hingga siklus III, pada siklus I rata – rata nilai 60,12 (daya serap 60,12 %) dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 42,85 %. Pada siklus II nilai rata – rata yang diperoleh adalah 70,95 (daya serap 70,95 %) dan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 73,81 %. Pada siklus III nilai rata – rata diperoleh 76,62 (daya serap 76,62 %) dan ketuntasan secara klasikal sebesar 83,33 %. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan PSI ini sangat positif yang terlihat dari jumlah siswa merespon positif tiap siklus, untuk siklus I sebesar 76,2 %; siklus II sebesar 92,9 %; siklus III sebesar 100 %.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 08:50
Last Modified: 30 Nov 2013 08:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item