PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN KUADRAT DENGAN CARA MELENGKAPKAN KUADRAT SEMPURNA DAN DENGAN RUMUS abc DI KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU.

Dian Ningsih, Betty and Zamzaili , Zamzaili and Irsal, Idris (2009) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN KUADRAT DENGAN CARA MELENGKAPKAN KUADRAT SEMPURNA DAN DENGAN RUMUS abc DI KELAS X SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
BETTY DIAN NINGSIH-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (800kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ada dan tidaknya perbedaan hasil belajar dan respon siswa antara siswa yang menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc. Penelitian ini dilaksanakan mulai 25 November 2008 sampai dengan 20 Desember 2008. Pada penelitian ini kelas yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas 1 Akuntansi 1 dan kelas 1 Akuntansi 2. Kelas 1 Akuntansi 1terpilih menjadi kelas eksperimen dan kelas 1 Akuntansi 2 terpilih menjadi kelas kontrol. Pada kelas eksperimen penyelesaian soal-soal persamaan kuadrat diselesaikan dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna, sedangkan pada kelas kontrol penyelesaian soal-soal persamaan kuadrat diselesaikan dengan menggunakan rumus abc. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes akhir (postes) dan angket kepada kedua kelas sampel. Data dianalisiss dengan menggunakan uji t-student. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa data dari kedua kelas sampel berdistribusi normal. Dari uji homogenitas dengan menggunakan uji barlett, kedua kelas sampel homogen. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh tHitung (postes) adalah -1.790, sedangkan tTabel adalah 1.67 pada taraf signifikan 5%. Ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima karena t(1-α)(n - 1) < t < t(1-α)(n - 1) atau -1.67< -1.790 < 1.67, yang artinya “Ada perbedaan hasi belajar antara siswa yang menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu”. Dan berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menyelesaikan soal-soal persaman kudrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna lebih rendah dari hasil belajar siswa yang menyelesaikan soal-soal persamaan kudrat dengan menggunakan rumus abc. Berdasarkan hasil analisis uji-t untuk angket respon siswa terhadap cara mencari akar-akar pesamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc, diperoleh t’Hitung adalah -0,218 dan t’Tabel pada taraf signifikan 5% adalah 0,40. %. Ini berarti Ho diterima karena, t(1-α)(n - 1) < t < t(1-α)(n - 1) atau -1,67 < -0.218 < 1,67 yang artinya “Tidak terdapat perbedaan respon antara siswa yang menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat dengan melengkapkan bentuk kuadrat sempurna dan dengan menggunakan rumus abc di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu”.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 19:42
Last Modified: 30 Nov 2013 19:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item