Pengaruh Kecemasan dan Tingkat Kualitas Respon Siswa TentangPermasalahan matematika Berbasis Taksonomi SOLO dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika(Studi Di Kelas X SMAN 3 Kota Bengkulu ).

Agustina, Rika and Rusdi, Rusdi and Wahyu, Widada (2009) Pengaruh Kecemasan dan Tingkat Kualitas Respon Siswa TentangPermasalahan matematika Berbasis Taksonomi SOLO dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika(Studi Di Kelas X SMAN 3 Kota Bengkulu ). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
RIKA AGUSTINA-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Benarkah ada pengaruh tingkat kecemasan siswa selama pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. (2) Benarkah ada pengaruh tingkat kualitas respon siswa tentang permasalahan matematika berbasis taksonomi SOLO dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil pembelajaran matematika. (3) Benarkah ada pengaruh tingkat kecemasan dan tingkat kualitas respon siswa tentang permasalahan matematika berbasis taksonomi SOLO dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan disain anava dua jalur. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu tingkat kecemasan siswa (X1) dan tingkat kualitas respon siswa (X2), dan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Kota Bengkulu, sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling/intact group sehingga diperoleh kelas XA yang terdiri dari 32 siswa dan kelas XB yang terdiri dari 31. Kelas sampel diperlakukan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% dan nilai Fhitung = 4,4182 dan Ftabel = 4.000 dk pembilang 1 dan dk penyebut 61. Karena Fhitung > Ftabel, maka H1 diterima. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% dan nilai Fhitung = 69.153 dan Ftabel = 4.000 dk pembilang 1 dan dk penyebut 61. Karena Fhitung > Ftabel, maka H2 diterima. Berdasarkan analisis data dengan taraf signifikansi 5% dan nilai Fhitung = 212.8 dan Ftabel = 4.000 dk pembilang 1 dan dk penyebut 61. Karena Fhitung > Ftabel, maka H3 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan tingkat kecemasan siswa selama pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika. (2) Ada pengaruh yang signifikan tingkat kualitas respon siswa tentang permasalahan matematika berbasis taksonomi SOLO dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil pembelajaran matematika. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara tingkat kecemasan dan tingkat kualitas respon siswa tentang permasalahan matematika berbasis taksonomi SOLO dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 20:06
Last Modified: 30 Nov 2013 20:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item