EVALUASI KESESUAIAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN KEAKSARAAN MATA PELAJARAN MENULIS DENGAN PELAKSANAANNYA DI LAPANGAN (Studi Kasus PKBM WIDYA KENCANA DESA PASAR UJUNG KABUPATEN KEPAHIANG)

APRIANI, APRIANI and Suardi, Jasma and Yayan, Mulyana (2009) EVALUASI KESESUAIAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PENDIDIKAN KEAKSARAAN MATA PELAJARAN MENULIS DENGAN PELAKSANAANNYA DI LAPANGAN (Studi Kasus PKBM WIDYA KENCANA DESA PASAR UJUNG KABUPATEN KEPAHIANG). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
Skripsi Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi pendidikan keaksaraan mata pelajaran menulis pada lembaga PKBM WIDYA KENCANAdan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, lalu diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah warga belajar, tutor, dan penyelenggara program Pendidikan Keaksaran di lembaga PKBM WIDYA KENCANA dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi pendidikan keaksaraan mata pelajaran menulis di lembaga PKBM WIDYA KENCANA telah disesuaikan pelaksanaannya pada tahun ajaran 2007/2008 dengan standardisasi yang dirumuskan dan ditetapkan oleh Dirjen PLS dan Pemuda. Akan tetapi belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini ditunjukkan pada pelaksanaan indikator standardisasi sesuai dengan indikator komponen yang dinilai yang dirumuskan oleh Depdiknas tahun 1999 dan diperbaharui pada tahun 2006, yaitu telah terlaksananya 4 indikator aspek keberhasilan dari 6 indikator yang ada. Indikator tersebut adalah Menulis huruf vokal dan konsonan abjad latin dengan lancar, Menulis suku kata yang sekurang-kurangnya terdiri dari 2 huruf, Menulis nama, usia, tempat lahir, tanggal lahir, dan Menulis nama jalan, nomor rumah, RT/RW, nama desa, nama kecamatan, kabupaten/kota. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa di lembaga PKBM WIDYA KENCANA tersebut dalam pelaksanaan indikator kurikulum di pengaruhi oleh beberapa faktor yang meliputi faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat meliputi latar belakang tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi standar tenaga pendidik. Selain itu sarana dan prasarana dalam menunjang proses pembelajaran juga kurang. Sedangkan faktor pendukung meliputi metode dan pendekatan yang digunakan telah disesuaikan dengan kebutuhan, baik itu kebutuhan peserta didik maupun kebutuhan lembaga dan kemampuan tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 30 Nov 2013 20:33
Last Modified: 30 Nov 2013 20:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item