Fuspita Sari, Elda and Suardi, Jasma and Sofino, Sofino (2009) HANDPHONE (HP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL (Studi Pembelajaran Buta Aksara Di Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
Skripsi Elda Fuspita Sari-2.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam penggunaan Handphone (HP) sebagai media pembelajaran Keaksaraan Fungsional dan keefektifan media Handphone di dalam pembelajaran keaksaaraan fungsional. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Secara deskriptif, peneliti akan mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana desain penggunaan media handphone di dalam pembelajaran buta aksara dasar, yang nantinya akan menemukan hipotesis, dan untuk mengetahui makna yang lebih dalam terhadap kebermanfaatan penggunaan media handphone dalam pembelajaran buta aksara dasar bagi warga belajar melalui pendekatan kualitatif. Yaitu, melalui praktek kerja lapangan (PKL), di sini peneliti terlibat langsung dalam penelitian, dengan ini diharapkan peneliti tahu persis apa yang terjadi di lapangan. Subjek penelitian atau sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara Purposive, yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Subjek penelitian ini adalah tutor pemberantasan buta aksara dan masyarakat yang berumur 15-44 tahun, menikah atau belum menikah, bekerja atau tidak bekerja, wanita dan laki- laki, dan menyandang buta aksara dasar, berjumlah 12 orang yang terdapat di Desa Peraduan Binjai Kecamatan Tebat Karai Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Untuk mengetahui validitas penelitian dilakukan dengan cara uji credibility (kredibilitas), uji transferability (keteralihan), uji dependability (auditability), dan uji confirmability (dapat dikonfirmasi). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dalam berbagai setting, sumber, dan berbagai cara. Setelah data terkumpul, dilakukan interpretasi data dan analisis secara kontekstual. Kemudian didapatlah hasil penelitian bahwa handphone merupakan media yang efektif dalam pembelajaran buta aksara.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 30 Nov 2013 20:43 |
Last Modified: | 30 Nov 2013 20:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2600 |
Actions (login required)
View Item |