THE IMPLEMENTATION OF SCAFFOLDING IN IMPROVING STUDENTS ACTIVENESS IN WRITING

Kasmaini, Kasmaini (2010) THE IMPLEMENTATION OF SCAFFOLDING IN IMPROVING STUDENTS ACTIVENESS IN WRITING. TRIADIK, 13 (1). pp. 1-18. ISSN 8053-8301

[img]
Preview
Text (Journal)
1-Kasmaini-TriadikApril2010.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (138kB) | Preview

Abstract

Ada beberapa masalah yang dihadapi siswa SMA 15 Padang dalam belajar menulis bahasa Inggris. Masalah pertama berkaitan dengan teknik guru yang tidak bisa mendorong siswa untuk menulis. Masalah ini menyebabkan masalah kedua muncul yaitu kepasifan siswa. Siswa tidak tertarik dan termotivasi untuk menulis. Dengan kata lain, siswa tidak aktif. Untuk menyelesaikan kedua masalah di atas, peneliti telah melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan teknik scaffolding (temporary support). Scaffolding ini akan berkurang seiring dengan kemajuan yang dimiliki siswa dalam belajar menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan scaffolding ini bisa memperbaiki proses belajar dan mengajar menulis. Kesimpulan ini bisa dilihat dari hasil pengamatan dengan menggunakan checklist, hamper semua siswa suka dengan cara guru mengajar dan sebagian besar dari siswa sudah aktif. Hasil dari angket menunjukkan bahwa 96% siswa telah tertarik dengan cara guru mengajar dan 98.8% dari siswa tersebut sudah aktif dalam belajar. Data-data tersebut juga diperkuat oleh hasil interview yang direkam dari 10 siswa pada tiap siklusnya. Dari interview diketahui bahwa sebagian besar siswa mengatakan mereka tertarik dengan cara guru mengajar dan termotivasi untuk aktif menulis dalam bahasa Inggris. Dapat disimpulkan bahwa scaffolding bisa meningkatkan keaktifan siswa dalam menulis dalam bahasa Inggris pada siswa SMA 15 Padang. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi guru dan peneliti lainnya untuk melaksanakan pembelajaran dan penelitian lain, khususnya yang berhubungan dengan mengajar menulis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Journal
Depositing User: 001 Bambang Gonggo Murcitro
Date Deposited: 28 Jun 2012 23:11
Last Modified: 28 Jun 2012 23:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item