REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN KENAIKAN DAN PENURUNAN DIVIDEN

Destayani, Terry Astelia and Ridwan, Nurazi (2007) REAKSI PASAR TERHADAP PENGUMUMAN KENAIKAN DAN PENURUNAN DIVIDEN. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-TER-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (388kB)
[img] Text
IV,V-TER-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (364kB)

Abstract

Pengumuman dividen merupakan suatu peristiwa yang dijadikan sinyal oleh pasar untuk menilai performance perusahaan. Dalam teori dividend signaling, pengumuman perubahan (kenaikan dan penurunan) pembayaran dividen mempunyai kandungan informasi penting yang dapat mempengaruhi return saham. Hal ini karena dividen mempunyai sinyal yang dapat mempengaruhi keyakinan investor yang tercermin pada harga saham. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan menggunakan metode event study untuk melihat reaksi pasar terhadap pengumuman kenaikan dan penurunan dividen. Menggunakan sampel sebanyak 125 pengumuman kenaikan dividen dan 96 pengumuman penurunan dividen selama periode 2002-2004, penelitian ini memberikan bukti bahwa pasar bereaksi terhadap pengumuman kenaikan dan penurunan dividen di Bursa Efek Jakarta yang ditunjukkan dengan adanya abnormal return yang signifikan disekitar tanggal pengumuman dividen. Setelah dibedakan berdasarkan ukuran perusahaan ternyata pasar bereaksi terhadap pengumuman kenaikan dividen pada perusahaan berukuran besar namun pasar tidak bereaksi terhadap pengumuman dividen pada perusahaan berukuran kecil. Untuk pengumuman penurunan dividen pasar bereaksi pada perusahaan berukuran besar maupun pada perusahaan berukuran kecil. Selanjutnya, hasil penelitian tidak memberikan bukti adanya perbedaan reaksi pasar antara perusahaan yang melakukan pengumuman kenaikan dividen dengan perusahaan yang melakukan pengumuman penurunan dividen. Setelah dibedakan berdasarkan ukuran perusahaan ternyata ditemukan adanya perbedaan reaksi pasar antara perusahaan yang melakukan pengumuman kenaikan dividen dengan perusahaan yang melakukan pengumuman penurunan dividen pada perusahaan yang berukuran kecil.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Accounting
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 03 Dec 2013 16:30
Last Modified: 03 Dec 2013 16:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item