Prisy, Elita and Ferry, Tema Atmaja (2007) PERSEPSI PELANGGAN PERUSAHAAN MENGENAI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PT.SANTANI SUKSES MAKMUR BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.
Text
I,II,III-ELI-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
|
Text
IV,V-ELI-FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) |
Abstract
Pelanggan merupakan salah satu faktor yang penting dalam kegiatan pemasaran, pelanggan juga mempunyai pengaruh dalam perkembangan suatu perusahaan maka perusahaan harus dapat memanfaatkan pelanggan yang ada, dengan berusaha memberikan yang terbaik. Menarik pelanggan baru adalah hal yang penting namun memelihara dan mempertahankan pelanggan yang ada adalah lebih penting karena perusahaan akan memperoleh keuntungan jangka panjang dari hubungan tersebut. Tujuan dalam mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui “persepsi pelanggan perusahaan mengenai CRM (Cutomer Relationship Management) pada PT.Santani Sukses Makmur Bengkulu”. Penelitian yang dilakukan pada 51 pelanggan perusahaan yang dipilih secara sensus melalui penyebaran kuisioner, yang terdiri atas 40 pernyataan mengunakan skala Likert sebagai alat pengukuran yang mempunyai rentang dari sangat tidak setuju samapai sangat setuju. Untuk mengetahui persepsi pelanggan mengenai CRM, maka digunakan alat Statistik Deskriptif yang menganalisis ratarata dan tingkat penyimpangan persepsi pelanggan. Dari penelitian yang dilakukan, responden yang menjadi pelanggan sebagian besar laki-laki berumur 20-35 tahun dengan lulusan SMA. Persepsi pelanggan terhadap CRM adalah penting bagi perusahaan, penilaian tertinggi pada pernyataan “kejujuran sangat penting dalam berinteraksi”, penilaian terendah pada pernyataan “mengusahakan pelanggan untuk lebih tergantung pada perusahaan PT.Santani Sukses Makmur”. Dari rata-rata jawaban pelanggan perusahaan dapat pula diketahui tidak mempunyai tingkat penyimpangan yang berarti, hal ini dapat diketahui dari kecilnya nilai standar deviasi artinya persepsi tiap pelanggan pada umumnya adalah sama. Dari uraian di atas dapat diketahui bahwa pada umumnya pelanggan menyatakan CRM adalah hal yang penting dalam perkembangan suatu perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | Miss Novita Veronika Barus |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 19:53 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 19:53 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2905 |
Actions (login required)
View Item |