Verdiani, Rince and Aryulina, Diah and Sahono, Bambang (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR 5E UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIIIE SMPN 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
Text
I,II,III-RIN-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
|
Text
IV,V-RIN-FKIP.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan model siklus belajar 5E untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIE SMPN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIIE dan guru bidang studi IPA-Biologi SMPN 11 Bengkulu. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan Tiga jenis instrumen yaitu pedoman observasi pembelajaran model siklus belajar 5E, lembar unjuk kerja kompetensi kerja ilmiah, tes kompetensi pemahaman konsep dan kompetensi kerja ilmiah. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus perbaikan yang saling terkait, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap observasi, dan tahap evaluasi refleksi. Data dianalisa secara deskriptif dengan menghitung rerata skor, observasi, menentukan kategori skor observasi, menghitung rerata skor LKS dan rerata skor tes, dan menghitung persentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar 5E di kelas VIIIE SMPN 11 Kota Bengkulu menunjukkan peningkatan skor kegiatan guru dari satu sklus ke siklus perbaikan berikutnya. Skor kegiatan guru pada sklus I adalah 13,5; pada siklus II adalah 15, dan pada siklus III meningkat menjadi 15,5. Rerata skor kegiatan siswa menunjukkan kenaikan dari satu siklus kesiklus yang lain, pada siklus I adalah 6,7; pada siklus II adalah 7,2; dan pada siklus III menjadi 8,0. Persentase ketuntasan belajar pada kompetensi pemahaman konsep pada siklus I adalah 21%, pada siklus II adalah 36,8%, dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 50%. Persentase ketuntasan belajar pada kompetensi kerja ilmiah pada siklus I adalah 23,7%, pada siklus II mengalami peningkatan manjadi 44,7, dan pada siklus III mengalami penurunan menjadi 36,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 03 Dec 2013 20:11 |
Last Modified: | 03 Dec 2013 20:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2915 |
Actions (login required)
View Item |