UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP ENERGI DAN USAHA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VII.2 SMPN 6 BENGKULU (Classroom Action Research)

Disnora, Diana and Koto, Irwan and Nirwana, Hj (2007) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP ENERGI DAN USAHA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE INKUIRI PADA SISWA KELAS VII.2 SMPN 6 BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-DIA-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (270kB)
[img] Text
IV,V-DIA-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (327kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada konsep energi dan usaha, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.2 SMP 6 Bengkulu yang berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (a) Pendekatan konstruktivisme melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar kognitif yang ditunjukkan oleh rata – rata siklus I, II dan III adalah 69 , 70,4 , dan 75. Daya serap untuk siklus I, II dan III adalah 69 %, 70,4%, 74,5%. Ketuntasan belajar siklus I, II dan III adalah 69 %, 78 % dan 86 %. hasil ini menujukkan siswa tuntas secara klasikal pada siklus III. (b) Pendekatan konstruktivisme melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar afektif yang ditunjukkan dari lembar penilaian afektif yaitu mencatat sesuai dengan data percobaan, berhati – hati dalam mengambil kesimpulan, menyelesaikan praktikum, mengulangi eksperimen jika eksperimen yang dilakukan gagal, kerapian laporan praktikum, partisipasi dalam kegiatan praktikum, partisipasi dalam diskusi kelompok setiap siklus dapat ditingkatkan. Rata – rata nilai afektif siklus I, II dan III yaitu 16,8 (cukup), 18,6 (baik), 19,9 (baik). (c) Pendekatan konstruktivisme melalui metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar psikomotorik meliputi memasang alat, mengoperasikan alat dan membaca hasil dapat ditingkatkan. Siklus I, II dan III yaitu 3,8 (cukup), 5,1 (baik), 5,4 (baik). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme melalui metode inkuiri, ditunjukan pada lembar aktivitas siswa, dalam membuat hipotesis, memilih media, mengumpulkan data, dan mengkomunikasikan setiap siklus dapat ditingkatkan yang diketahui dari lembar aktivitas siswa setiap siklus yaitu 17,83 (cukup), 23,5 (baik) dan 25,0 (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 21:28
Last Modified: 03 Dec 2013 21:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item