PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KONSEP LISTRIK DINAMIS DI KELAS X.E SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Penelitian Tindakan Kelas)

Susilawati, Nofi and Medriati, Rosane and Sakti , Indra (2007) PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSSING METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KONSEP LISTRIK DINAMIS DI KELAS X.E SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU (Penelitian Tindakan Kelas). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-NOV-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (185kB)
[img] Text
IV,V-NOV-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Permasalahan dalam penelitian apakah dengan menerapkan pendekatan problem possing melalui model kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar pada konsep Listrik Dinamis di kelas X.E SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dan apakah dengan menerapkan pendekatan problem possing melalui model kooperatif dapat meningkatkan aktivitas belajar pada konsep Listrik Dinamis di kelas X.E SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar pada konsep Listrik Dinamis dengan diterapkannya pendekatan problem possing melalui model kooperatif di kelas X.E SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar pada konsep Listrik Dinamis dengan diterapkannya pendekatan problem possing melalui model kooperatif di kelas X.E SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus dianalisis guna menentukan tindakan yang tepat untuk memperbaiki proses belajar mengajar siklus selanjutnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes tiap siklus, data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan persentase daya serap. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan pendekatan problem possing melalui model kooperatif dapat meningkatkan prestasi belajar , hal ini ditandai oleh nilai hasil belajar yaitu tes siklus I 81,69 %, siklus II 63,16 %, siklus III 73,5 %, dan tes akhir 93,5 %. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan pendekatan problem possing melalui model kooperatif yaitu pada siklus I 23,5, siklus II 27,5, dan siklus III 28,5

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 22:04
Last Modified: 03 Dec 2013 22:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item