PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF JENIS JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII E SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research)

Wangi, Tanjung and Nirwana, Nirwana and Rohadi, Nyoman (2007) PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF JENIS JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII E SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU (Classroom Action Research). Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[img] Text
I,II,III-TAN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (368kB)
[img] Text
IV,V-TAN-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada konsep kalor, (2) Untuk mengetahui aktifitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.E SMP Negeri 2 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ; (a) Pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode kooperatif jenis Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif yang ditunjukkan oleh rata-rata siklus I, II dan III adalah 73,6, 77,0 dan 83,6. Daya serap untuk siklus I, Ii dan III adalah 73,6 %, 77 % dan 83,3 %. Ketuntasan belajar untuk siklus I, II dan III adalah 54,5 %, 63,6 % dan 87,8 %. Hasil ini menunjukkan siswa tuntas secara klasikal pada siklus III. (b) Pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode kooperatif jenis Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar afektif yang ditunjukkan dari lembar penilaian afektif yaitu kedisiplinan, kerja sama dan kreatifitas setiap siklus dapat ditingkatkan. Ratarata nilai afektif siklus I, II dan III adalah 10,7 (cukup), 11,6 (cukup), 12 (baik). (c). Pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode kooperatif jenis Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar psikomotor meliputi persiapan alat, pelaksanaan percobaan dan membaca hasil dapat ditingkatkan. Siklus I, II dan III yaitu : 9,7 (cukup), 9,9 (cukup) dan 11,7 (cukup). Aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode kooperatif jenis Jigsaw, ditunjukkan pada lembar aktifitas siswa dalam menjawab pertanyaan prasyarat, membentuk kelompok asal, membentuk kelompok Jigsaw, melakukan eksperimen, berdiskusi, kembali kekelompok asal, memaparkan eksperimen, memberikan pendapat, saling membagi informasi kepada teman dalam kelompok sala, menerima perbedaan individu, membuat laporan hasil eksperimen dan mengerjakan tugas meningkat disetiap siklus I, II dan III yaitu 25 (cukup), 31 (baik) dan 37 (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 03 Dec 2013 22:30
Last Modified: 03 Dec 2013 22:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item