ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PARIWISATA KOTA BENGKULU DITINJAU DARI OPINION LEADERS DAN PERSEPSI KONSUMEN DALAM UPAYA PENINGKATAN BRAND IMAGE DAN STRATEGI PEMASARAN

Mahendra , Ary and Seprianti, Eka Putri (2007) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN PARIWISATA KOTA BENGKULU DITINJAU DARI OPINION LEADERS DAN PERSEPSI KONSUMEN DALAM UPAYA PENINGKATAN BRAND IMAGE DAN STRATEGI PEMASARAN. Undergraduated thesis, Fakultas Ekonomi UNIB.

[img] Text
I,II,III-ARY-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (216kB)
[img] Text
IV,V-ARY-FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (486kB)

Abstract

RINGKASAN Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan pariwisata di Kota Bengkulu ditinjau dari opinion leaders dan persepsi konsumen dalam upaya peningkata brand image dan strategi pemasaran. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, kuesioner dan studi kepustakaan. Pengujian hasil kuisioner dilakukan dengan uji validitas dan uji realibilitas. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara sampling convenience. Adapun jumlah sampel penelitian ini adalah 110 responden, yaitu 4 kali atau lima kali lebih banyak dari variabel yang ada. Dan wawancara dilakukan pada 10 orang opinion leadership. Pengolahan data wawancara dilakukan dengan analisis deskriptif. Sedangkan pengolahan kuisioner dilakukan dengan menggunakan program SPSS-12, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian wawancara menunjukkan bahwa dari opinion leaders ternyata memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan pariwisata yang ada di Bengkulu. Hal ini dikarenakan pemberi informasi ini bergerak dibidang tertentu dan memiliki pengalaman yang luas dan ahli. Sehingga secara teknis pemimpin opini memiliki ekspert power, knowledge power dan reference power. Sedangkan dari analisis faktor, dari 28 variabel, 6 variabel dikeluarkan karena memiliki anti-image < 0,5. 21 variabel tetap bertahan, dan terbentuk 8 faktor. Faktor pertama yang paling dominan diberi nama Bengkulu-image memiliki eigen value sebesar 4,015, Teknik-Financial, dengan eigen value 1,902, outside- inside organization memiliki eigen value 1,481, Unit sosial and strategy memiliki eigen value sebesar 1,426, Resources and cultural memiliki eigen value 1,351, Identification Politik and produk memiliki eigen value 1,208, Supporting and environment memiliki eigen value sebesar 1,096 dan Market and attitude memiliki eigen value sebesar 1,036. Beberapa saran yang dapat diberikan adalah pemerintah dan business tourism diharapkan membuat perencanaan yang strategis dengan mempertimbangan aspek dan faktor yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: Miss Novita Veronika Barus
Date Deposited: 04 Dec 2013 13:10
Last Modified: 04 Dec 2013 13:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3022

Actions (login required)

View Item View Item